Profil

Fasilitas Tambahan dan Penunjang



a.      Tempat Parkir Khusus Penyandang Cacat

Graha Sewaka Dharma dilengkapi dengan tempat parkir khusus bagi para penyandang cacat yang terletak di depan loby utama. Penempatan ruang parkir bagi penyandang cacat dilakukan agar aksesibilitas yang terbaik, oleh karena itu ditempatkan didekat pintu masuk bangunan dan sekaligus dilengkapi dengan akses landai untuk pengganti anak tangga.

b.      Jalan Khusus Penyandang Cacat

Jalan khusus tersebut diperuntukkan bagi pengguna kursi roda dan penyandang tuna netra. Jalan khusus yang diberikan bagi penyandang tuna netraberupa tanda tonjolan pada lantai. Tapi fasilitas itu bisa juga digunakan untuk pengguna kursi roda. Khusus untuk pengguna kursi roda diberi bentuk yang agak landai agar memudahkan mereka berpindah jalur.

c.       Lift yang Dilengkapi dengan Huruf Braille

Dua lift yang dimiliki Graha Sewaka Dharma dilengkapi dengan huruf Braille pada setiap tombolnya. Fasilitas ini diperuntukkan bagi para penyandang tuna netra agar mereka tetap bisa menggunakan fasilitas yang tersedia di gedung ini.

d.      Toilet Khusus Penyandang Cacat

Toilet khusus juga diperuntukkan bagi para penyandang cacat. Toilet khusus penyandang cacat ini didesain khusus, pintunya terbuat dari kayu bisa dibuka dengan cara didorong, ukurannya lebih besar dibandingkan dengan toilet biasa, ruangan di dalam kamar toilet lebih longgar, di dekat closet terdapat tempat pegangan guna membantu penyandang cacat duduk dan berdiri dari closet.

e.       Petugas Bahasa Isyarat

Fasilitas penunjang lain yang disediakan oleh Graha Sewaka Dharma bagi para penyandang cacat adalah disediakannya petugas yang menguasai bahasa isyarat. Hal ini ditujukan bagi para penyandang tuli bisu agar mereka dapat berkomunikasi dengan baik.

f.       Counter Khusus Penyandang Cacat

Counter khusus penyandang cacat yang disediakan Graha Sewaka Dharma merupakan counter Pengaduan Pro Denpasar yang terletak di lantai satu. Counter ini dikelola oleh petugas Pramutamu dan PPID yang memang telah diberikan pelatihan khusus mengenai bahasa isyarat. Jadi di counter ini akan dilayani pengaduan masyarakat, penyandang cacat, dan informasi umum.

g.      Ruang Menyusui

Bagi para ibu yang membawa serta bayinya dapat menggunakan fasilitas ruang menyusui untuk menyusui anaknya. Ruang menyusui dilengkapi dengan tempat tidur bayi, ac,  dan beberapa poster seputar asi dan ibu menyusui.

h.      Tempat Bermain Anak

Tempat bermain disediakan bagi para pengunjung yang datang membawa serta anaknya. Mengingat anak-anak tidak betah menunggu lama, maka para pengunjung bisa mengajak anaknya bermain. Anak yang boleh menggunakan fasilitas ini adalah anak yang usianya dibawah 5 tahun. Adapun sarana yang disediakan di tempat bermain anak tersebut adalah ayunan, prosotan, mobil-mobilan, dan permainan bola basket lengkap dengan ringnya.

i.        Kawasan Khusus Merokok

Kawasan khusus merokok ditujukan bagi para perokok baik pegawai maupun pengunjung yang ada di kawasan Graha Sewaka Dharma. Kawasan ini terletak di luar gedung dengan deretan kursi di sekitar areal taman yang banyak ditumbuhi pepohonan sehingga tempatnya rindang dan nyaman. 


Foto
gambar 1
Video
Denpasar Kota
Facebook
Twitter